Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

02 November 2016

Weekend di Jogja Bersama Anak

Dul Kemin : Penak yo kerjo ning Jogja..
Saya : Omonge sopo? Tergantung..
Dul Kemin : Lha kok iso?
Saya : Nek itungane penak ki iso ning mall, yo ra penak, aku 2 tahun kerjo ning jogja ra tau ngemall karo anak bojo.. tapi nek itungane pas prei iso bareng keluarga, iku penak..
Dul Kemin : Lha, piye kowe ki?
Saya : Lha tenan je.. aku mlebu mall jogja karo bojoku bar pindah seko Jogja *trus lirik-lirikan*..

Artinya

Dul Kemin : Enak ya kerja di Jogja..
Saya : Kata siapa? Tergantung..
Dul Kemin : Kok bisa?
Saya : Kalau yang dikatakan enak itu bisa ke mall, ya menurut saya enggak enak, saya 2 tahun kerja di Jogja tidak pernah ngemall bareng anak istriku.. tapi kalau enak itu setiap hari libur bisa bersama keluarga, itu enak..
Dul Kemin : Kamu ini gimana sih?
Saya : Beneran lho.. aku masuk mall di jogja bareng istriku setelah pindah dari Jogja *trus saling melihat*...

Tapi memang benar, percakapan tersebut terjadi setelah saya pindah dari Jogja... Setiap weekend adalah waktu untuk keluarga, saya yang workaholic kadang lupa waktu saat bekerja, sampai-sampai untuk kerja saya membuat jaringan internet khusus ke rumah, aksesnya pakai VPN, supaya bisa menembus jaringan khusus kantor.. HT (handy talkie) juga saya bawa pulang.. ya bagi saya mendengar HT berbunyi itu menandakan kejaan lancar, tapi bagi istri dan anak saya mungkin kalo bisa dibanting tuh HT biar diem...

Tidak kategori enak dan tidak enak gak cuma itu, Jogja termasuk kota pariwisata, dan dengan semakin banyaknya spot-spot wisata maka wisatawan sering datang ke Jogja, tiket sering sold out, kalau masih ada harganya mahal.. saya pernah bergumam "Jogja itu susahnya cuma satu, nyari tiket.. mau pulang aja kalah cepat sama wisatawan...."
 
Main layangan di pantai
 
OK... Setiap weekend biasanya istri saya punya bucketlist, mau ngapain aja seperti main layangan di pantai, jadinya saya tinggal manut aja, beberapa aktivitas yang kami lakukan :

Olahraga pagi di UGM
UGM (Universitas Gadjah Mada) setiap weekend membuka beberapa areanya digunakan untuk olah raga atau beraktifitas, apalagi sudah tak seramai dulu, ini menjadi spot menarik buat kami. Sebenarnya yang kami lakukan bukan olahraga juga, cuma main-main dan mengeluarkan energi aja, anak saya termasuk yang dikasih gift powernya berlebih, jadinya harus disalurkan.. Dia sepedaan saya lari atau sekedar menemaninya...

Olahraga


Tak jauh dari lokasi olah raga, kadang jalan ke sunmor (sunday morning).. ya kalau mau beli camilan kadang beli sesuatu di sunmor, kalo ada yang buat males ke sunmor itu cuma jalan kakinya, lumayan juga nggendong anak sambil jalan kaki..

Renang
Walaupun ada kolam renang IKIP, saya menyebutnya begitu, kalau sekarang IKIP udah ganti jadi UNY.. kami jarang renang disana sebenarnya, karena kalau renang di hotel, misal Hotel Jayakarta, Hotel The Rich, ya simpel sih alasannya karena ga rame... dan diajakin temen yang punya voucher, haha...



Sarapan
Membuat sarapan pagi menurut saya adalah hal yang tiba-tiba membuat hectic bagi kaum ibu, termasuk istri saya, dan sabtu-minggu adalah hari yang disukainya... karena gak masak, tinggal menyambangi warung makan trus makan disana.

Menu sarapan yang paling sering kami makan di hari libur adalah bubur ayam, buat anak-anak ini yang paling cocok, selain itu ada soto ayam yang tersebar di beberapa tempat tapi kadang soto kudus, dan tak lupa lontong opor.

Menunggu bubur langganan


Gudeg?? Hwaa.. bukannya tidak ada di daftar menu, tapi makanan khas ini jadi menu kalau ada keluarga datang, Wijilan mung sakplinthengan..

Siangnya banyak aktivitas yang menyenangkan bisa dilakukan, Jogja gitu loh... dan kami seringnya  ke lokasi yang budgetnya terjangkau

Main ke Kaliurang
Kaliurang dekat dengan kota Jogja, di sana juga ada taman yang ada permainan untuk anak. Kalau sedang ingin menghindar dari hingar-bingar Jogja biasanya kami escape di Kaliurang. Tapi kadang cukup menyambangi taman bermain Kaliurang, lalu pulang.


Bermain di Taman Kaliurang


Jalan-jalan ke Candi
Sayang kalau di Jogja tidak mengunjungi situs bersejarah, salah satunya candi.. banyak candi yang masih disekitaran Jogja bisa disambangi, candi Kalasan, candi Ratu Boko

Bermain di Candi Kalasan


Mancing
Gen anak saya sepertinya condong ke kedua kakeknya yang doyan mancing, mulai mancing kolam maupun hingga ke laut.. tak ayal dia punya ketertarikan dengan namanya ikan dan kegiatan memancing.. setiap mancing, walaupun cuma mancing ikan nila, patin atau lele dia selalu ingin menarik reel pancingnya ketika strike...

Strike...


Ke Pantai
Terus terang, agak alergi juga bawa kamera kalau ke pantai ini, ya.. kamera Nikon saya pernah dilibas sama ombak di Parangtritis, yo lengkap sama tas-tasnya.. jadi ke pantai juga milih-milih yang gak terlalu landai, biasanya ke pantai jarak sedang seperti pantai Ngandong, jarak dekat pantai Depok atau Samas, yang jauh ke pantai Pok Tunggal. Yang lebih berbobot lagi ya camping di pantai.

Bermain di pantai


Ke Sermo / Bendungan
Tahukah anda kalau di Jogja banyak jalur pengairan buatan yang unik, misal jembatan crossing air di daerah Pogung, atasnya masih dilewati kendaraan lagi.. Di bagian hulu, daerah Kulon Progo ada Waduk Sermo yang cocok juga dikunjungi, di Perbatasan Bantul dan Kulon Progo ada pintu air yang cukup besar, dan sering dijadikan tempat nongkrong masyarakat sekitar..

Melihat bendungan


Main ke Tempat teman
Jogja tempat bercengkrama, mungkin itu juga yang membuat kami sering main ke tempat teman untuk menghabiskan waktu weekend, sekedar makan-makan bersama atau anak kami main bareng sudah cukup mengobati kerinduan akan bersosialita.. Anak saya senang sekali ketika saya main ke tempat teman saya di Bantul, di belakang rumahnya ada kandang sapi dan kambing, eh.. dia pengen megang tu kambing.. dan menirukan suara sapi, mooo...

Ngasih makan sapi gratis.. kalo di tempat lain bisa bayar..

Malam di Jogja juga banyak hal yang masih bisa dilakukan, walaupun makan menjadi kegiatan utama, haha...

Main ke Taman Lampion
Museum Jogja Kembali yang terletak di Ring Road Utara sudah dipercantik dengan adanya hiasan-hiasan lampion cantik. Konsepnya mirip dengan Batu Night Spectacular di Batu, Malang. Sesekali kami menyambangi taman ini untuk sekedar jalan-jalan.



Mungkin ini kebiasaan yang kurang baik, tapi sering kami lakukan dan menjadi salah satu penyebab jarum timbangan berat badan melewati angka 90 kg, hihihi... tapi memang menghabiskan minggu malam dengan keluarga dan bercengkrama sambil makan itu menyenangkan. Tempat makan yang paling sering kami sambangi adalah SS, Spesial Sambal, alasannya simpel.. mangane iso akeh, nglawuhi, murah.. 

Berbeda dari menu yang njawani, kami juga sering ke Nanamia Pizzeria, yang di Prawirotaman, karena dekat rumah dan memang anak saya suka sekali dengan pasta. Selagi menunggu, seringnya anak saya mewarnai atau main mainan yang disediakan disana. Lain halnya kalau keluarga datang, bisa ke Jejamuran yang jauh atau pesan satu ekor Ayam Bu Tini yang dekat dengan rumah.

Nanamia, resto yang menyediakan mainan untuk anak-anak


Yang agak ringan paling makan ice cream / gelato.. 

Nge-Es Krim dulu..


Nek wes males yo pesen Rata-Rata, hahaha...

Masih banyak lagi kegiatan di Jogja waktu weekend... Aiiihh.. dadi pengen bali ning Jogja...



***

Tulisan ini sejatinya untuk mengingatkan kami bahwa ada momen lucu ketikan pertamakalinya saya dan istri masuk ke mall di Jogja, Ambarukkmo Plaza... setelah kendaraan kami dicek dan masuk basement, kami saling tertawa karena tersadar bahwa itulah kali pertama kami masuk mall Jogja bersama-sama setelah pindah dari Jogja..


Location: Yogyakarta, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com